Konferensi Internasional World Zakat Forum (WZF) 2019 yang dilaksanakan Selasa (5/11) hingga Kamis (7/11) di Bandung, Jawa Barat mengusung tema “Optimizing Global Zakat Role through Digital Technology”. Tema ini berangkat dari penerapan teknologi 4.0 yang kini dianggap sebagai keharusan dalam industri keuangan. Tak terkecuali pengelolaan dana zakat sebagai sumber keuangan syariah untuk tercapainya tujuan kesejahteraan dunia, juga harus dapat beradaptasi dengan baik. Ajang ini dihadari oleh sekitar 300 peserta konferensi dari 28 negara anggota.

Selama ajang WZF berlangsung, para tamu disuguhkan pameran atau exhibition oleh BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/kota, Lembaga Amil Zakat dan berbagai perusahaan yang bergerak dalam bidang digital. Berbagai inovasi digital dan produk binaan akan dipamerkan dalam booth ini. Salah satunya adalah produk dari Lembaga Zakat Community Development (ZCD)

Pada perhelatan WZF 2019 ini,  Lembaga ZCD melalui Direktorat Pendistribusian dan Pendayagunaan (DPP) ikut meramaikan booth pameran Lembaga Program dan produk binaan BAZNAS untuk mempublikasikan program yang dilaksanakan, produk mustahik binaan, hasil kajian, riset, dan best practices program kepada stakeholder zakat dunia. Ada 13 jenis produk ZCD dari berbagai wilayah yang ikut dipamerkan dalam WZF, seperti CoTe (Coklat Tempe) dari Kota Sukabumi, VCO dari Kabupaten Kepulauan Selayar, Kopi Tondok Lemo dari Kabupaten Tana Toraja, kain batik dari Kabupaten Tuban, kerajinan Ketak dari Kabupaten Lombok Barat, dll. Dalam kesempatan ini, Tatiek Kancaniati selaku Kepala Lembaga ZCD turut berpartisipasi untuk menyampaiakan best practices program, beliau menyampaikan perjalanan program ZCD dalam melakukan pemberdayaan kepada mustahik.

 

 

Lembaga ZCD merupakan lembaga program pemberdayaan BAZNAS berbasis komunitas atau desa dengan mengintegrasikan aspek dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan kemanusiaan secara komprehensif yang sumber pendanaannya dari zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya. Sejak tahun 2016 program ZCD telah tersebar di lebih dari 50 titik/desa di Indonesia dan menghasilkan berbagai macam produk pemberdayaan yang menjadi ikon desa. Mulai dari produk pertanian, perikanan, kerajinan tangan, fashion dan aneka olahan makanan. Produk-produk tersebut juga telah dipasarkan oleh masing-masing kelompok binaan sehingga memberikan tambahan penghasilan bagi para mustahik.

WZF merupakan sebuah wadah bagi para praktisi zakat, akademisi zakat dan pihak-pihak lain yang memiliki perhatian terhadap pengelolalaan zakat di dunia untuk bertemu dan memberikan perspektif, serta berbagi pengalaman bersama-sama mengembangkan peran dan fungsi zakat di dunia. Diharapkan dengan ikut berkontribusinya Lembaga ZCD dalam acara ini dapat mempublikasikan dan memberikakan informasi terkait best practice program ZCD kepada peserta WZF dan membuka peluang pasar bagi produk-produk mustahik binaan ZCD.


Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: layananmuzaki@baznas.or.id

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id