Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) PT Timah Tbk mengadakan Pesantren Muallaf dan Pembinaan Pra Ramadhan 1440 Hijriah yang berlangsung selama dua hari sejak Jumat, 19 April hingga Sabtu, 20 April 2019 bertempat di Gedung Pertemuan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bangka Belitung.

Dalam kegiatan ini diikuti sebanyak 28 muallafah (perempuan) dan 30 laki-laki, muallaf-muallaf ini yang berasal dari Kota Pangkalpinang dan sekitarnya. Para mualaf ini mendapat pembekalan tentang tsaqofah Islam, mulai dari masalah keimanan, shalat dan puasa yang diberikan oleh pemateri. 

Selama kegiatan berlangsung peserta begitu antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh pemateri. Berbagai pertanyaan tentang pengetahuan keislaman  secara bergantian dilontarkan oleh peserta, baik tentang tatacara shalat, puasa, maupun tentang pengetahuan Islam lain.

Salah satu Peserta Ronal Sitorus, warga Gabek Kota Pangkalpinang menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh UPZ Baznas PT Timah Tbk ini. Menurutnya selama satu tahun mengikrarkan diri menjadi seorang muslim, ia belum pernah mendapat pembinaan tentang Islam dan ia sangat berharap kegiatan seperti ini dilaksanakan secara rutin. Sehingga para muallaf bisa mendalami tentang Islam itu sendiri.

“Saya sudah satu tahun menjadi muslim, saya menjadi muslim karena menikah dengan wanita muslim dan saya hanya mendapat bimbingan Islam hanya dari keluarga istri. Saya sendiri selama ini bingung untuk belajar Islam lebih dalam lagi," kata pria asal Lampung ini.

Ronal mengisahkan, ia mengenal islam sejak kecil karena lingkungan keluarga berada di lingkungan Muslim, bahkan dari kecil ia sering ikut pelajaran Islam saat masih di bangku sekolah. Ketika menginjak usia dewasa ketertarikannya terhadap Islam semakin kuat, karena melihat teman-teman muslimnya begitu istiqomah melaksanakan shalat lima waktu.

"Saya mengenal Islam sudah dari kecil, karena di lingkungan hampir semuanya muslim jadi saya tahu bagaimana teman-teman muslim saya begitu istiqomah dalam menjalani ibadah. Yang lebih manarik lagi lagi terhadap islam yang mengatur ekonominya tanpa riba, setelah saya masuk Islam saya merasakan keberkahan itu ternyata tanpa riba saya bisa hidup tenang meskipun perhasilan saya kecil tapi terasa cukup," kata Ronal yang kesehariannya bekerja di salah satu kantin di Kota Pangkalpinang.

Perserta kegiatan lainnya, Ahiun warga Air Itam Kota Pangkalpinang mengaku, ia telah menjadi seorang muslim sejak 5 tahun silam, namun selama itu juga ia belum mendapat biimbingan terhadap Islam dan hanya mendapat bimbingan dari keluarga istri. Dengan adanya kegiatan ia sangat merasa diperhatikan dan berharap kegiatan ini dilaksanakan secara rutin.

"Saya sangat senang sekali adanya kegiatan ini setidaknya menambah ilmu agama bagi saya, selama ini kami tidak mendapat bimbingan dan tidak diperhatikan sama sekali. Tentunya saya berharap kegiatan seperti ini tidak hanya sebatas ini dan ada kelanjutannya," kata Ahiun yang keseharian berprofesi sebagai pedagang ikan.

Sementara itu, Manajer UPZ Baznas PT Timah Tbk, Ust Sofiyan Rudianto mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai komitmen bagi Baznas PT Timah untuk memberikan pembinaan bagi para muallaf. Dengan adanya diharapankan bisa mempertebal keimanan bagi para muallaf yang baru memeluk islam.

“Kegiatan ini merupakan komitmen dari kami untuk memberikan pembinaan kepada muallaf, dengan adanya kegiatan ini kami berharap bisa membantu para muallaf untuk menambaha pengetahuan tentang islam dan mempertebala keimanan mereka terhadap islam,” kata Sofiyan.

Menurut Sofiyan, setelah kegiatan ini akan dibentuk sebuah lembaga khusus untuk para muallaf, melalui lembaga ini diharapkan menjadi wadah untuk memberikan pembinaan secara rutin kepada para muallaf.

"Kami berkomitmen membina para muallaf dan kedepan akan kita bentuk sebuah lembaga khusus muallaf sebagai wadah untuk kajian rutin ke depannya. Tidak hanya masalah keagamaan Baznas PT Timah juga akan siap membantu bagi muallaf yang kurang mampu. Insyaallah kami siap bantu baik itu untuk konsultasi, modal usaha, pendidikan maupun yang lainnya," pungkas Sofiyan. (*)

Rep: UPZ Semen Padang

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: layananmuzaki@baznas.or.id

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id